Seputar Tips dan Trik Pembuatan Kue Kering Bagi Pemula



Assalamu'alaikum sahabat jidah..
Pagi ini jidah ingin berbagi cara menyiapkan dan menggunakan bahan-bahan kue kering untuk pemula yang sedang belajar membuat kue kering:
  • Untuk bahan kering seperti terigu, susu bubuk, maizena, dan coklat bubuk, harus diayak sebelum dicampurkan ke kocokan margarin atau mentega. Pilih bahan-bahan yang bagus untuk menghasilkan kue yang enak.
  • Gula halus sebaiknya giling sendiri dengan blender. Lebih mantap dan itu jelas gula asli. Ayak sebelum digunakan. Hindari percikan air atau minyak untuk menjaga gula halus tetap kering.
  • Margarin karena aslinya memang sudah lembut, bisa langsung dikocok dengan mikser.
  • Mentega atau buter sebaiknya pergunakan dalam keadaan dingin dan padat, bukan beku, karena kita simpan hanya di kulkas bawah bukan frezer. Begitu selesai ditimbang sesuai ukuran, potong- buternya supaya mudah dikocok mikser. Ingat, selalu simpan buter di kulkas klo tidak dipergunakan. Butter akan disuhu meleleh dan berminyak di suhu ruang, dan berpengaruh ke adonan kue. 
  • Telur untuk kue sebaiknya suhu ruang, dan pilih yang kuningnya masih utuh terpisah dari putihnya.
  • Untuk polesan, setelah campur kuning telur dengan susu cair (jidah biasa gunakan campuran itu untuk polesan) coba disaring supaya putih telur yang mengental hilang. Hasil polesan akan halus dan rata, cantik.
  • Oven panaskan lebih dulu sebelum memasukkan loyang sekitar 15 menit, sesuaikan dengan oven masing2. Karena karakter oven berbeda, kadang kita harus memutar posisi loyang, supaya kue mendapat pembakaran yang sama. Setelah kue dingin, segera dikemas dalam toples tutup rapat, jangan terbuka terlalu lama di ruangan.
  • Agar kue kering lebih awet, sebelum menghidangkan ke tamu-tamu, kue dipindahkan ke tempat kecil yang bersekat. Pengalaman jidah, tamu kita hanya melihat, kadang tanpa mencoba atau satu dua potong dimakan. Sekian jam toples terbuka, kue akan cepat melempem, masuk angin hehehe 
Sahabat jidah itu dulu yang bisa jidah sampaikan, selamat berkarya dengan selera dan resep-resep yang sudah dipilih. Bagi pemula, semoga berhasil dan sukses baking kue keringnya. 

Peluk sayang jidah untuk sahabat semuanya..

Kredit foto untuk pikachakula.com

No comments

Powered by Blogger.