Dendeng Balado

Emak saya keluar kota lagi, saya jadi penguasa dapur lagi hahaha
Sebenarnya saya pengen masak bawal bumbu kuning, tapi karena beberapa hari ini makan ikan terus, saya pikir ga apalah ganti selera. Jadi, saya masak Dendeng Balado.

 
Bahan:
  • Daging sapi
  • Ketumbar
  • Bawang Putih halus
  • Garam
  • Penyedap jamur

Bumbu halus:
  • Bawang merah 
  • Bawang putih
  • Cabe merah
  • Cabe rawit yang banyak (karena dirumah pada suka pedas)

Cara Memasak:
  • Daging direbus sampai empuk dengan menambahkan ketumbar, bawang putih halus, dan sedikit garam. 
  • Setelah direbus, geprek daging sedikit agar dagingnya melebar, kemudian goreng.
  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan minyak yg agak banyak (saya kira-kira saja)
  • Setelah tumisan bumbu tercium wanginya, tambahkan air kaldu rebusan daging sedikit (kira-kira juga), tunggu sampai air tersebut agak kering. 
  • Masukkan daging yg telah digoreng sebelumnya, aduk hingga rata. 
  • Tambahkan garam dan penyedap jamur.
  • Tes rasa.
  • Dendeng balado siap untuk dihidangkan.

Catatan:
Untuk pengolahan daging, sebenarnya tergantung kebiasaan kita saja, tetapi kalo saya, air rebusan pertama, yang berbuih, saya buang, kemudian saya ganti airnya dengan yang baru, nah air ini yg kemudian saya tambahkan ketumbar, bawang putih halus, dan garam.

No comments

Powered by Blogger.