Ayam Woku


Bosan dengan masakan ayam yang dibalado, disemur, diopor, digulai, akhirnya saya nyobain masakan Manado (koreksi saya jika salah ya) Ayam Woku, ada yang bilang Ayam Woku Belanga.

Di beberapa resep yang saya baca, bumbunya menggunakan daun bawang, tetapi karena ga ada, jadi saya skip 

Bahan:
  • Ayam (disesuaikan jumlahnya), dibersihkan, dilumuri dengan air jeruk nipis plus garam
  • Daun jeruk tanpa tulang
  • Daun kunyit
  • Serai dikeprek

Bumbu halus:
  • Jahe
  • Kunyit
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Cabe merah
  • Cabe rawit (jika suka pedas)
  • Kemiri

Cara Memasak:
  • Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum
  • Masukkan daun jeruk tanpa tulang, daun kunyit, serai
  • Masukkan ayam (kebetulan ayam kampung)
  • Tambahkan garam, gula (optional), dan kaldu ayam (optional-saya tidak pakai)
  • Masukkan air, masak sampe ayam empuk dan air agak kering
  • Masukkan daun kemangi
  • Tes rasa, dan tunggu ayam empuk
  • Siap dihidangkan
Dan hasilnya, orang tua saya, adik, dan nenek saya udah pada makan siang jam segini, ludes, syukur sempet di foto hehehe

Selamat mencoba

No comments

Powered by Blogger.