Ikan Kerut Asam Manis

Berhubung Ibuk lagi keluar kota, saya jadi penguasa dapur d hahahaha ‪#‎ups‬

Kali ini agar tidak hanya di pindang, di asam pedas, di gulai kuning, ikan Kerut ini (sejenis ikan Kakap) saya masak Asam Manis. Biar ada kres-kresnya, saya sertakan wortel, niatnya sih biar saya ga repot lagi masak sayur.

Resepnya mungkin sama dengan resep asam manis lainnya. 


Ikan Kerut Asam Manis

Bahan:
  • Ikan Kerut
  • Bawang bombay
  • Bawang putih
  • Jahe
  • Wortel
  • Daun bawang
  • Tomat
  • Saus tomat
  • Saus sambel (bisa diganti dengan merica kalo suka pedas)
  • Garam
  • Bumbu penyedap (saya pake bumbu penyedap jamur)
Cara Memasak:
  • Selain ikan, saus tomat, dan saus sambel, semua bahan diiris
  • Tumis bahan yang telah diiris, masukkan saus tomat sedikit, saus sambel, dan bumbu penyedap (saya pake bumbu penyedap jamur) atau gula, dan garam. 
  • Tambahkan air sedikit, test rasa, tunggu sampe mengental, kira-kira aja sesuai dengan jumlah ikan atau besar ikannya. 
  • Setelah matang, angkat dan saus asam manis ini bisa di taruh dimangkuk kecil untuk cocolan atau disiram di atas ikan.
Catatan:
Untuk pengolahan ikan, biasanya ikan saya cuci bersih, balur dengan air jeruk nipis atau air lemon, garam, dan merica, didiamkan beberapa menit agar amisnya hilang, kemudian saya balur sedikit ketumbar, lalu digoreng. Tergantung kebiasaan teman2 mengolah ikan, dibalur tepung juga boleh.

Beberapa resep yang pernah saya baca menggunakan tepung maizena untuk mengentalkan saus tetapi, saya tidak menggunakannya. Juga menggunakan lengkuas iris untuk tambahan tumisan, tetapi saya skip, karena bagi saya rasanya jadi aneh. Kalo teman-teman suka silakan saja. Masakan adalah tentang rasa bukan?

Selamat mencoba

No comments

Powered by Blogger.