Martabak Manis


Martabak... Martabak... siapa mau ?
Martabak manis spesial keju, jajan sore buat pasukan bodrex, belum persis bangka asli, tapi lumayan, lembut dan enak rasanya, yang isi coklat meses langsung habis diserbu. bikin sendiri, murah, dan kenyang. Jidah masaknya pakai wajan teflon, dg api yg paling kecil.


Martabak Manis 
resep oleh Yunita Elinovianti

Bahan:
tepung terigu 125 gram
gula pasir 50 gram
baking powder 1/4 sdt
ragi instant 1 sdt
garam 1/4 sdt
air 175 ml
telur 2 butir

Bahan Taburan/isi:
Gula pasir
Susu kental manis
Keju cheddar
Meises

Cara Membuat:

  • Kocok tepung terigu dengan 25 g gula pasir dan baking powder dengan air sampai lembut baru kemudian masukan ragi instan dan diamkan selama 1 hingga 2 jam. 
  • Kocok telur dan sisa gula pasir 25 g kemudian masukan ke dalam adonan tepung martabak.
  • Panaskan cetakan martabak dengan api kecil dan olesi dengan minyak atau margarin, kemudian tuangkan adonan martabak ke dalamnya. Biarkan hingga adonan mengeluarkan buih dan berongga. 
  • Taburkan gula pasir kemudian tutup sampai matang.
  • Angkat martabak dari cetakan, letakan pada talenan kemudian olesi margarin dan taburi dengan meses, keju dan kemudian tuangi dengan susu kental manis.  
  • Belah menjadi dua bagian dan tumpuk sehingga membentuk setengah lingkaran. Potong potong menjadi beberapa bagian, martabak manis bangka siap untuk dinikmati. 
Selamat Mencoba
Notes.  Maksud kocok dengan lembut: kocok biasa saja dengan wisk, sampai tidak bergerindil, menyatu. Kira-kira lima menit. 

No comments

Powered by Blogger.